Rabu, 27 Agustus 2008

"MARHABAN RAMADHAN"


hmmm menjelang bulan Ramadhan, beli baju lebaran yang gimana ya...beli kue apa aja ya.. eh ga nyambung ya? tapi memang begitu yang sering terjadi dan biasa di masyarakat kita. Bulan Suci yang Penuh Berkah dan Pahala bukannya disiapin dengan schedule project ibadah-ibadah untuk mengisi Ramadhan malah seneng-seneng membayangkan lebarannya.

Tapi emang gitu mulai anak-anak yang dah ngebayangin dibeliin baju baru dan ibu-ibu yang dah ngitung-ngitung budget untuk kue lebaran dan baju baru tentunya. Dan ironisnya hal ini kebawa sampai Ramadhan datang dan tak jarang kesibukan di bulan Ramadhan bukannya benar-benar beribadah dalam Ramadhan eh malah rame-rame memadati pertokoan & pasar-pasar menguber baju yang lagi trend apa sekarang dan aneka hidangan lebaran.

Sebenarnya ga apa-apa sih .. memang sudah seyogyanya kita sebagai umat Islam menyambut dengan suka cita Ramadhan & Hari Kemenangan Idul Fitri yang penting tidak lupa "hakikat persiapan jasmani & ruhaninya" supaya di Ramadhan nanti kita benar-benar bisa khusyuk menjalankan ibadah sehingga tidak menyesal dikemudian hari karena hanya haus dan lapar yang kita dapatkan.

Persiapan jasmani tentunya dengan menjaga vitalitas fisik kita. Yah anggap saja kita sedang mau mengikuti lomba lari maraton selama sebulan penuh sehingga kita harus benar-benar fit dengan mulai mengatur pola makan dengan asupan yang cukup gizi (TOYIB) dan tak kalah pentingnya tentunya makanan yang HALAL (harus itu tidak bisa ditawar lagi).

Persiapan Ruhani. Semoga kita bisa menata Hati dengan memperbanyak "Muhasabah diri" dengan tidak "Muhasabah orang lain" alias banyak mengkoreksi orang lain tapi lupa pada kekhilafan diri. Semoga kita bisa menyambut Bulan Suci Ramadhan dengan Ruh kita yang semoga suci juga dihadapan Ilahi.

Persiapan Ruhani dengan membuat "schedul project ibadah" terutama memperbanyak kuantitas & kualitas sholat dan tadarusnya sehingga ruh kita punya motivasi yang kuat dengan adanya target dalan project ibadah kita. Dan Semoga kita tidak hanya pandai membuat konsep tapi tidak pandai melaksanakannya sehingga target tidak tercapai jadinya "capek deh".

Menyesal biasanya hadir kalau Ramadhan telah lewat. Seperti pengalaman saya pribadi, kalau dah gitu berharap bisa ketemu kembali Ramadhan tahun depan.."pokoknya Ramadhan tahun depan ga boleh terulang malasnya..pokoknya harus tercapai target tahun ini yang tertunda". Semangat sih membara tapi setelah sampai Ramadhan berikutnya tetap saja selalu begitu ga jera-jera juga.

Tapi kita sebagai manusia yang tidak pernah luput dari khilaf memang harus selalu rajin untuk muhasabah dan merefresh niat & motivasi kita untuk selalu berbuat baik terutama dalam Ibadah di bulan Ramadhan dimana Alloh SWT janjikan "banyak BONUS PAHALA". Yah semoga tulisan ini bukan hanya latah saya untuk ikut-ikutan meramaikan ucapan selamat "marhaban ya Ramadhan" tapi saya mohon doa dari saudara sekalian semoga ini bisa menjadi motivasi buat saya pribadi.

4 komentar:

Benny Andhika mengatakan...

Amin... smoga dibulan puasa nanti Allah memberikan kesehatan untuk kita smua.

utti mengatakan...

gak usah beli baju lebaran yg penting mah puasanya, met berpuasa :)

Batur SASAK mengatakan...

Mudahan dalam bulan ramadhan ini saya dapat banyak THR dari Alloh...Amin

Arip mengatakan...

Ah, schedule project ibadah ramadlanku kacau...

-

...