Kamis, 25 September 2008

U are important for me Friends

Untuk sahabat yang sudah share "Who the most important in your life" silahkan ambil awardnya dari zie disini, untuk 1.Mama Kayla 2.Budhe Fakhrun 3.Bunda Rie 4.Bunda Nayla 5.Bunda Radith 6.Mama Shasa 7.Bunda Ibad 8.Mba Hellen 9.Mas Budi 10.Bang Yaqon 11.Dek Lina 12.Mas Awal 13. Sahabat blogger lainnya ...Please take it ....


zie berikan award ini sebagai apreciate hati zie karena sahabat semua penting dalam memberikan inspirasi untuk zie hidup lebih baik.

dalam kesempatan yang baik ini menyambut Hari Kemenangan Iedul Fitri 1429 H

"MOHON MAAF LAHIR BATIN SEGALA KHILAF DISENGAJA ATAU TIDAK"

Semoga kita senantiasa dapat menjaga ke FITRIAN hati kita, Semoga Alloh SWT mempertemukan kita kembali dengan bulan yang fitri RAMADHAN tahun berikutnya

Alhamdulillah lebaran ini zie bisa libur dari tanggal 29 Sept - 5 Okt 2008. Semoga Alloh SWT mempertemukan kita kembali dalam Kebaikan. Amin
Alhamdulillah zie dapat tambahan award & bingkisan lebaran nih dari Budhe Fakhrun
lumayan buat oleh-oleh pulang kampung hehehe...
makasih ya Budhe....
Bingkisan ini zie teruskan untuk sahabat-sahabat blogger semua silahkan diambil....


Read More......

Rabu, 24 September 2008

Gantian kasih PR ah

sabtu 20 Sept 08 malam ba'da traweh aku dan teman-teman (80 % adek-adek SMA & 20 % ibu-ibu & mahasiswa) ngadain English Club yang tujuannya untuk melatih kemampuan "english conversation" alhamdulillah ini merupakan acara yang ke-6 (klu ga lupa he3). Nah tema malam itu adalah masing-masing kita bercerita tentang :

" The Most Important Person in our Life"

sebagian besar menyebutkan bahwa the most important personnya ga cuma 1 tapi beberapa nah setelah diambil conclution urutannya begini :

the first most important person in our life is Prophet Muhammad SAW - the most important person for Muslem who brought the most important Guide "The Holly Quran"

the next most important person in our life are parents, but all of them said that mother more important than father.

So, from this conclution i want get respons (agree or not agree) and give reason why agree or not agree?...specially for :
1.Mama Kayla
2.Budhe Fakhrun
3.Bunda Rie
4.Bunda Nayla
5.Bunda Radith
6.Mama Shasa
7.Bunda Ibad
8.Mba Hellen
9.Mas Budi
10.Bang Yaqon
11.Dek Lina
12.Mas Awal
13.sahabat blogger yang lain silahkan

Dikerjakan ya PRnya ... bukan mau ngerjain Bunda-bunda & sahabat2 zie lho just want share & pooling aja who "the most important person in our life"

Read More......

Selasa, 23 September 2008

akhirnya dapat jatah PR juga dari mba vie

setelah kemaren blogwalking lihat2 kok banyak yg dpt PR ... kapan ya zie dpt PR yang sama ... eh akhirnya datang juga ... pagi-pagi disapa mba vie/mama kayla yang cantik, kalau zie dpt PR dari kakaku mama kayla sayang...asal ga susah-susah ya mba ... apalagi in english segala masih blepotan neh...syukurnya ada trasletannya PRnya hehehe

ini dia PR nya...

1. Nama Lengkap Sumber Sirep Susilowati ( U can call me ziezie or susi )
2. Zie anak Sulung dari 2 bersaudara perempuan semua. Lahir di Demak kota wali 28 tahun silam
3. zie suka berteman dengan siapa saja dan dimana saja, segala usia dan dari kalangan mana saja...asal teman yang baik dan tidak mengajak kepada hal yg tidak baik lho...zie dari kecil sampai SMA pemalu dan cenderung study oriented tapi alhamdulillah sejak kuliah, jauh dari keluarga mulai menjadi anak yang berani ditambah lagi dengan mulai mengenal organisasi kampus.
4. Zie lahir dari keluarga sederhana, PaeMaeku sayang asli demak semua
5. i am still single ... sekarang sedang mencari laki-laki untuk dijadikan imam bersama-sama mengarungi perjuangan hidup tuk meraih kebahagiaan dunia dan akhirat..mohon doanya ya mba vie sayang dan juga teman2 blogger semuanya semoga bisa segera terwujud "Alloh pertemukan zie dengannya dengan cara-Nya"
6. tentunya zie lom punya anak...tapi zie selalu ingin segera punya anak karena zie suka & sayang dunia anak-anak (tentunya nyari bapaknya dulu dong hehehe)...zie hobby baca buku2 yg berhubungan dengan explorasi bakat anak, mendidik anak dalam kandungan dll dan tak lupa juga bagaimana tentang menjaga kesehatan wanita karena bagaimanapun harus dipersiapkan untuk kehadirannya nanti jika saatnya tiba (bunda-bunda ada tips ga nih untuk menjaga rahim wanita - selama ini zie tahunya mengatur pola makan, istirahat cukup & OR aja)
7. zie sekarang lagi hobby baca lagi yah tentang apa aja "islam, iptek, komputer, kuliner, kesehatan anak, pendidikan parenting, persiapan menuju pernikahan ...cie persiapan teorinya dulu..walau calonnya lom tahu hehehe"
8. i am just ordinary girl...sekarang bekerja niatnya selain ingin mandiri juga ingin menambah ilmu, wawasan dan teman...jika sudah menikah kelak tentunya ingin untuk membantu suami...apalagi kedepan biaya semakin mahal terutama pendidikan anak...walau cita-cita zie pengennya sih bisa menciptakan pekerjaan di rumah biar pendidikan anak dirumah lebih fokus "karena bagi zie wanita adalah ahlul bait bagi suaminya dan madrasah utama bagi anak-anaknya"
9. zie ngeblog dah lama sejak januari 2008 diajarin sm temen sekerjaan tp dulu ga terlalu fokus...mulai keranjingan dan jadi hobby ngeblog july 2008 lalu sejak ada kunjungan dari para sahabat apalagi sejak bertemu komunitas blogger para bunda (bunda kayla, bunda rie, budhe, bunda fikri, bunda radith, bunda ibad dll) wah jadi makin seneng aja deh ngeblog
10. di Ramadhan ini zie baru mulai lagi belajar bagaimana seharusnya jadi muslimah...karena dulu waktu kuliah di IPB yang terkenal dengan sebutan Institut Pesantren Bogor alhamdulullah lumayan terkondisi baik karena lingkunganya sangat Islami tapi sejak bekerja dan sangat fokus dengan kerjaan jdnya waktu untuk berinteraksi dengan lingkungan luar & kajian keIslaman jadi makin berkurang begitu juga kuantitas ibadah yang dulu terbina baik waktu kuliah jd jauh berkurang...mohon doanya semoga bisa berbenah lebih baik terutama dari moment Ramadhan ini...

II Eh...PR Tambahan lagee..

1. First time use "HIJAB" (Pertama kali pakai jilbab)
Agustus 1998 saat kuliah semester 2 karena terinspirasi saat ikut kajian keIslaman bersama temen-temen sekosan, alhamdulillah mohon doanya semoga istiqomah selamanya ya
2. First time far from family (Pertama kali jauh dari keluarga)
dari kecil sampe SMA selalu bersama keluarga sejak kuliah di Bogor harus berpisah deh apalagi setelah lulus tahun 2004 kerjanya pindah-pindah tapi dinikmati saja mumpung masih sendiri travelling gratis
3. First time go overseas (Pertama kali ke luar negeri)
Belom pernah - cita-cita paling utama ya tentunya ke Baitulloh .. pengen sih keliling dunia biar bisa dapat dan tahu banyak hal
4. First time journey use ship (pertama kali perjalanan menggunakan kapal laut)
waktu SMA study tour ke Bali dan kerja lapang di Lampung
5. First time journey use aeroplane (Pertama kali perjalanan menggunakan pesawat )
waktu pindah kerja ke unit Pontianak tapi jadi keterusan karena musti bolak-balik
6. First time start working (Pertama kali bekerja)
jadi guru Biologi SMA 5 Bogor kelas 1 dan 2 waktu masih kuliah Ko-As dokter hewan ... lumayan mengisi waktu di menunggu panggilan ujian praktek (nunggu ada kasus penyakit hewan ceritanya)
7. First time love someone (Pertama kali jatuh cinta)
waktu SMA sama temen sekelas tapi ga bersatu cintanya karena sama-sama malu-malu
8. First time rasa diri cantik (Pertama kali ngerasa cantik)
yah waktu mulai bisa dandan yaitu pas kuliah tapi tetep aja ga pinter dandan apalagi pakai lipstik, eye shedow dll yang warna-warni ga bisa banget deh...sampe pernah waktu itu diajarin sama istrinya pak Boss ... bisa deh akhirnya pake lip ice or lipstik warna bibir aj hbsnya ngrasa ga PD aja pake lisptik berwarna
9. First time masuk cinema (Pertama kali nonton tapi bukan di 21)
pas SMP karena wajib nonton film G30S PKI diwajibkan sama sekolahan tapi malemnya ga bisa bobo kebayang terus sama darah-darah yg berceceran hihihi...
10. First time admitted in hospital (pertama kali dirawat di RS)
Alhamdulillah belum pernah kalau bisa janganlah...semoga Alloh senantiasa memberikan kesehatan Jasmani, Akal & Ruhani..amin


wuhh capek juga ngerjain PRnya habisnya takut salah ntar dapat nilai jelek ... apalagi bu gurunya Mba Vie yang kata dek Kayla galak...hehehe

Read More......

Sabtu, 20 September 2008

LAILATUL QODAR

saat searching di paman google kemaren eh zie nemu artikel bagus dr blog http://dennyhendrata.wordpress.com tentang "Panduan Menggapai Lailatul Qodar". wah zie seneng banget, zie pikir ini harus dibagi ke temen-temen karena Lailatul Qodar pasti dah familiar di umat Islam tapi bagaimana menggapainya kan masih banyak yang belum tahu (apa jangan-jangan zie aja kali ya yg ga tahu hehehe). Zie ijin sama penulisnya untuk zie publikasi di blog zie juga alhamdulillah hari zie dapat balasan email diijinkan untuk diposting karena ini suatu kebaikan jadi harus disebar luaskan.

MuqadimahSesudah disyariatkannya ibadah shaum, dan agar umat Islam dapat merealisasikan nilai taqwa, Allah SWT melengkapi nikmat-Nya dengan memberikan adanya “Lailat al qodr”. Allah berfirman : ” Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur’an pada ” Lailat al qodr”. Tahukah kalian apakah ” Lailat al qodr” ?. Itulah malam yang lebih utama dari pada seribu bulan” (QS. Al Qodr : 1-3)

Apa yang perlu dilakukan pada lailat al qodr dan agar dapat menggapai lailat al qodr

1.. Lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan semua bentuk ibadah pada hari-hari Ramadhan, menjauhkan diri dari semua hal yang dapat mengurangi keseriusan beribadah pada hari-hari itu. Dalam peribadatan ini juga dengan mengikutsertakan keluarga. Hal itulah yang dahulu dicontohkan Rasulullah SAW.

2.. Melakukan i’tikaf dengan berupaya sekuat tenaga. Itulah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

3.. Melakukan qiyamu al lail berjama’ah, sampai dengan rekaat terakhir yang dilakukan imam, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dzar ra.

4.. Memperbanyak do’a memohon ampunan dan keselamatan kepada Allah dengan lafal : “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibul afwa fa’fu ‘anni”. Hal inilah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Aisyah ra ketika beliau bertanya : ‘ wahai Rasulullah, bila aku ketahui kedatangan lailat al qodr, apa yang mesti aku ucapkan”? (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi)

Menggapai ” Lailat al qodr” bagi Muslimah

Sebagaimana tersirat dari dialog Rasulullah SAW dengan Aisyah, istri beliau itu, maka mudah disimpulkan bahwa kaum muslimah-pun disyari’atkan dan diperbolehkan menggapai lailat al qodr . Dengan melakukan maksimalisasi ibadah yang memang diperbolehkan untuk dilakukan seorang muslimah. VIII. Khotimah Demikian panduan ringkas ini, mudah-mudahan pada bulan Ramadhan tahun ini Allah memperkenankan kita meraih ” Lailat al qodr”, malam yang utama dari 1000 bulan alias 83 tahun itu.

The Indonesian Muslim Student Association of North America

4311 Minnesota Avenue, St. Louis, MO 63111, U.S.A.

Phone: (314) 752-9616

http://www.imsa.nu

Ditulis dalam Dakwah

Read More......

Selasa, 16 September 2008

Award Pertama - makacih mba vie sayang

Alhamdulillah ditengah obrolan zie dengan mba vie tentang hikmah tragedi pasuruan, tiba-tiba mba vie minta zie ambil award diblog http://www.cahyakayla.blogspot.com.


Zie seneng banget campur haru karena ini award pertama yang zie dapat selama jadi blogger dari seseorang yang jauh dimata tapi dekat di hati "Mba Vie sayang".

Zie mau bagi award ini untuk 1. Bang yaqon, 2. Budhe Fakhrun, 3. Bunda Nayla, 4. Mba Hellen 5. Dek Seolalita, 6. Dek Rizal dan 7. Om Agusta
dengan Ketentuan nya adalah:
1) Put the logo on your blog. 2) Add a link to the person who awarded you. 3) Add links to those blogs on yours. 4) Leave a message for your nominees on their blogs.

Read More......

Ampuni Kami - jika dada ini jadi sempit

innalillahiwaiinailaihiroji'un ...tragedi Pasuruan 15 Sept 08 di pembagian zakat mal yang merenggut nyawa 12 saudara kita demi uang Rp.30.000,00. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi "SABAR & HIKMAH" terbaik.

Seharusnya ini menyadarkan kita terutama saya, yang masih sering menggerutu dengan apa yang telah Alloh beri. Pekerjaan yang mapan yang tiap bulan tinggal menunggu gaji masuk rekening, ditambah lagi THR yang nunggunya ga pake ngantri malah bisa ditinggal ngantuk2 segala, tiba-tiba sore ini dah masuk rekening Alhamdulillah.

Ya Alloh ampuni hambamu yang sering kufur dengan nikmat-Mu
yang membuat dada ini makin sempit
sehingga tidak ada ruang syukur di hati kami
Kami mohon Petunjuk & Hidayah-Mu dalam setiap desah nafas kami
sehingga dengan Nikmat-Mu kami makin bersyukur dan senantiasa berbagi
sehingga denga Ujian-Mu kami senantiasa bersabar dan makin dekat dengan-Mu

Read More......

Kamis, 11 September 2008

Secuil Syukur ... dari Air

byur..byur..byur..seger

hanya itu kata yang terucap dari merasakan segarnya air mandi
bagaimana kalau besok tiada air lagi jangankan untuk mandi untuk minumpun harus ngantri dan mencari-cari

atau bahkan air akan datang melimpah dari langit
atau air laut tumpah ke bumi seperti tsunami waktu itu
jangankan mikirin mandi mencari tempat berlindung saja tak mampu

Alhamdulillah segar
terteguk air di gelas menyirami tenggorokan yang kering setelah berpuasa seharian
segar ... manis ... nikmat

bagaimana jika air di bumi ini asin semua atau manis semua atau pahit semua malah
tentunya kenikmatan luar biasa saat kita berbuka tidak akan terasa
kenikmatan aneka masakan tidak akan menggoyang lidah
pekat...hambar...ga karuan yang terasa

inilah secuil syukur dari melimpah Bukti Maha Kuasa & Kasih Sayang - Nya

Read More......

Selasa, 09 September 2008

Bagaimana Kita Jika Saatnya Tiba Nanti???

Ini adalah sebuah cerita dari email seorang sahabat
Aktifitas keseharian kita selalu mencuri konsentrasi kita. kita seolah
lupa dengan sesuatu yang kita tak pernah tau kapan kedatangannya.
Sesuatu yang bagi sebagian orang sangat menakutkan.Tahukah kita kapan kematian akan menjemput kita???
berikanlah waktu anda dan bacalah sampai habis, semoga dapat menjadikan
hikmah buat kita semua dan sadar, bahwa kita akan mati dan tinggal
menunggu waktunya,
semoga kita termasuk dalam orang-orang yang khusnul khotimah....amien....

Begini ceritanya....

Tatkala masih di bangku sekolah, aku hidup bersama kedua orangtuaku
dalam lingkungan yang baik. Aku selalu mendengar doa ibuku saat pulang
dari keluyuran dan begadang malam. Demikian pula ayahku, ia selalu dalam
shalatnya yang panjang. Aku heran, mengapa ayah shalat begitu lama,
apalagi jika saat musim dingin yang menyengat tulang.

Aku sungguh heran, bahkan hingga aku berkata kepada diri sendiri :

"Alangkah sabarnya mereka....setiap hari begitu...benar- benar
mengherankan!

"Aku belum tahu bahwa disitulah kebahagiaan orang mukmin dan itulah
shalat orang orang pilihan. Mereka bangkit dari tempat tidurnya untuk
munajat kepada Allah.

Setelah menjalani pendidikan militer, aku tumbuh sebagai pemuda yang
matang. Tetapi diriku semakin jauh dari Allah padahal berbagai nasehat
selalu kuterima dan kudengar dari waktu ke waktu. Setelah tamat dari
pendidikan, aku ditugaskan di kota yang jauh dari kotaku.

Perkenalanku dengan teman-teman sekerja membuatku agak ringan menanggung
beban sebagai orang terasing.

Disana, aku tak mendengar lagi suara bacaan Al-Qur'an. Tak ada lagi
suara ibu yang membangunkan dan menyuruhku shalat. Aku benar-benar hidup
sendirian, jauh dari lingkungan keluarga yang dulu kami nikmati. Aku
ditugaskan mengatur lalu lintas di sebuah jalan tol.. Di samping menjaga
keamanan jalan,tugasku membantu orang-orang yang membutuhkan bantuan.

Pekerjaan baruku sungguh menyenangkan. Aku lakukan tugas-tugasku dengan
semangat dan dedikasi tinggi.

Tetapi, hidupku bagai selalu diombang-ambingkan ombak. Aku bingung dan
sering melamun sendirian .... banyak waktu luang ... pengetahuanku
terbatas.

Aku mulai jenuh ... tak ada yang menuntunku di bidang agama. Aku
sebatang kara. Hampir tiap hari yang kusaksikan hanya kecelakaan dan
orang-orang yang mengadu kecopetan atau bentuk-bentuk penganiayaan lain.

Aku bosan dengan rutinitas.. Sampai suatu hari terjadilah sebuah
peristiwa yang hingga kini tak pernah aku lupakan.

Ketika itu, kami dengan seorang kawan sedang bertugas disebuah pos
jalan..

Kami asyik ngobrol ... tiba-tiba kami dikagetkan oleh suara benturan
yang amat keras. Kami mengedarkan pandangan. Ternyata, sebuah mobil
bertabrakan dengan mobil lain yang meluncur dari arah yang berlawanan.
Kami segera berlari menuju tempat kejadian untuk menolong korban.
Kejadian yang sungguh tragis.

Kami lihat dua awak salah satu mobil dalam kondisi kritis. Keduanya
segera kami keluarkan dari mobil lalu kami bujurkan di tanah. Kami
cepat-cepat menuju mobil satunya. Ternyata pengemudinya telah tewas
dengan amat mengerikan.

Kami kembali lagi kepada dua orang yang berada dalam kondisi koma.
Temanku menuntun mereka mengucapkan kalimat syahadat. Ucapkanlah
"Laailaaha Illallaah .... Laailaaha Illallaah .." perintah temanku.
Tetapi sungguh mengerikan, dari mulutnya malah meluncur lagu-lagu.
Keadaan itu membuatku merinding.

Temanku tampaknya sudah biasa menghadapi orang-orang yang sekarat ...

Kembali ia menuntun korban itu membaca syahadat. Aku diam membisu. Aku
tak berkutik dengan pandangan nanar. Seumur hidupku, aku belum pernah
menyaksikan orang yang sedang sekarat, apalagi dengan kondisi seperti
ini.

Temanku terus menuntun keduanya mengulang-ulang bacaan syahadat.

Tetapi .... keduanya tetap terus saja melantunkan lagu.

Tak ada gunanya ... Suara lagunya terdengar semakin melemah .... lemah
dan lemah sekali. Orang pertama diam, tak bersuara lagi, disusul orang
kedua.

Tak ada gerak .... keduanya telah meninggal dunia. Kami segera membawa
mereka ke dalam mobil. Temanku menunduk, ia tak berbicara sepatahpun.

Selama perjalanan hanya ada kebisuan. Hening...

Kesunyian pecah ketika temanku mulai bicara..Ia berbicara tentang hakikat
kematian dan su'ul khatimah (kesudahan yang buruk).

Ia berkata "Manusia akan mengakhiri hidupnya dengan baik atau buruk..

Kesudahan hidup itu biasanya pertanda dari apa yang dilakukan olehnya
selama di dunia.

"Ia bercerita panjang lebar padaku tentang berbagai kisah yang
diriwayatkan dalam buku-buku islam. Ia juga berbicara bagaimana
seseorang akan mengakhiri hidupnya sesuai dengan masa lalunya secara
lahir batin.

Perjalanan kerumah sakit terasa singkat oleh pembicaraan kami tentang
kematian. Pembicaraan itu makin sempurna gambarannya tatkala ingat bahwa
kami sedang membawa mayat. Tiba-tiba aku menjadi takut mati. Peristiwa
ini benar-benar memberi pelajaran berharga bagiku. Hari itu, aku shalat
khusyu' sekali.

Tetapi perlahan-lahan aku mulai melupakan peristiwa itu. Aku kembali
pada kebiasaanku semula ... Aku seperti tak pernah menyaksikan apa yang
menimpa dua orang yang tak kukenal beberapa waktu yang lalu. Tetapi
sejak saat itu, aku memang benar-benar menjadi benci kepada yang namanya
lagu-lagu. Aku tak mau tenggelam menikmatinya seperti sedia kala.

Mungkin itu ada kaitannya dengan lagu yang pernah kudengar dari dua
orang yang sedang sekarat dahulu. Kejadian yang menakjubkan !.

Selang enam bulan dari peristiwa mengerikan itu .... sebuah kejadian
menakjubkan kembali terjadi di depan mataku. Seseorang mengendarai
mobilnya dengan pelan, tetapi tiba-tiba mobilnya mogok di sebuah
terowongan menuju kota . Ia turun dari mobilnya untuk mengganti ban yang
kempes. Ketika ia berdiri dibelakang mobil untuk menurunkan ban serep,
tiba-tiba sebuah mobil dengan kecepatan tinggi menabraknya dari arah
belakang. Lelaki itupun langsung tersungkur seketika.

Aku dengan seorang kawan, bukan yang menemaniku pada peristiwa pertama
cepat-cepat menuju tempat kejadian.

Dia kami bawa dengan mobil dan segera pula kami menghubungi rumah sakit
agar langsung mendapat penanganan. Dia masih sangat muda, wajahnya
begitu bersih.Ketika mengangkatnya ke mobil, kami berdua cukup panik,
sehingga tak sempat memperhatikan kalau ia menggumamkan sesuatu. Ketika
kami membujurkannya di dalam mobil, kami baru bisa membedakan suara yang
keluar dari mulutnya.

Ia melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an ... dengan suara amat lemah.

"Subhanallah ! dalam kondisi kritis seperti itu ia masih sempat
melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur'an ? Darah mengguyur seluruh
pakaiannya, tulang-tulangnya patah, bahkan ia hampir mati. Dalam kondisi
seperti itu, ia terus melantunkan ayat-ayat Al-Qur'an dengan suaranya
yang merdu.

Selama hidup, aku tak pernah mendengar bacaan Al-Qur'an se indah itu.
Dalam batin aku bergumam sendirian "Aku akan menuntunnya membaca
syahadat sebagaimana yang dilakukan oleh temanku terdahulu ... apalagi
aku sudah punya pengalaman." aku meyakinkan diriku sendiri. Aku dan
kawanku seperti terhipnotis mendengarkan suara bacaan Al-Qur'an yang
merdu itu.

Sekonyong-konyong sekujur tubuhku merinding, menjalar dan menyelusup ke
setiap rongga. Tiba-tiba, suara itu terhenti. Aku menoleh kebelakang.

Kusaksikan dia mengacungkan jari telunjuknya lalu bersyahadat. Kepalanya
terkulai, aku melompat ke belakang.

Kupegang tangannya, degup jantungnya, nafasnya, tidak ada yang terasa.
Dia telah meninggal. Aku lalu memandanginya lekat-lekat, air mataku
menetes, kusembunyikan tangisku, takut diketahui kawanku.

Kukabarkan kepada kawanku kalau pemuda itu telah meninggal. Kawanku tak
kuasa menahan tangisnya. Demikian pula halnya dengan diriku. Aku terus
menangis air mataku deras mengalir. Suasana dalam mobil betul-betul
sangat mengharukan. ...Sampai di rumah sakit .....Kepada orang-orang di
sana , kami mengabarkan perihal kematian pemuda itu dan peristiwa
menjelang kematiannya yang menakjubkan.

Banyak orang yang terpengaruh dengan kisah kami, sehingga tak sedikit
yang meneteskan air mata.

Salah seorang dari mereka, demi mendengar kisahnya, segera menghampiri
jenazah dan mencium keningnya. Semua orang yang hadir memutuskan untuk
tidak beranjak sebelum mengetahui secara pasti kapan jenazah akan
dishalatkan. . Mereka ingin memberi penghormatan terakhir kepada
jenazah. Semua ingin ikut menyolatinya.

Salah seorang petugas rumah sakit menghubungi rumah almarhum. Kami ikut
mengantar jenazah hingga ke rumah keluarganya. .

Salah seorang saudaranya mengisahkan, ketika kecelakaan, sebetulnya
almarhum hendak menjenguk neneknya di desa. Pekerjaan itu rutin ia
lakukan setiap hari senin. Disana almarhum juga menyantuni para janda,
anak yatim dan orang-orang miskin.

Ketika terjadi kecelakaan, mobilnya penuh dengan beras, gula,
buah-buahan dan barang-barang kebutuhan pokok lainnya. Ia juga tak lupa
membawa buku-buku agama dan kaset-kaset pengajian. Semua itu untuk
dibagi-bagikan kepada orang-orang yang dia santuni. Bahkan juga membawa
permen untuk dibagikan kepada anak-anak kecil.

Bila tiba saatnya kelak, kita menghadap Allah Yang Perkasa. hanya ada
satu harap, semoga kita menjadi penghuni surga. Biarlah dunia jadi
kenangan, juga langkah-langkah kaki yang terseok, di sela dosa dan
pertaubatan.

Hari ini, semoga masih ada usia, untuk mengejar surga itu, dengan
amal-amal yang nyata : "memperbaiki diri dan mengajak orang lain "

Allah Swt berfirman: "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan
sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan pahalamu. Barang
siapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh
ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan
yang memperdayakan. " (QS. Al-Imran:185)

Rasulullah Saw telah mengingatkan dalam sabdanya, "Barangsiapa yang
lambat amalnya, tidak akan dipercepat oleh nasabnya."

Saudaraku, siapa yang tau kapan, dimana, bagaimana, sedang apa, kita
menemui tamu yang pasti menjumpai kita, yang mengajak menghadap Allah
SWT.

Orang yang cerdik dan pandai adalah yang senantiasa mengingat kematian
dalam waktu-waktu yang ia lalui kemudian melakukan persiapan persiapan
untuk menghadapinya.

Note : amalkan ilmu, sampaikan walau satu ayat, salah satu amalan yang
terus mengalir walau seseorang sudah mati adalah ilmu yang bermanfaat.

Begitulah hendaknya engkau nasehati dirimu setiap hari karena engkau
tidak menyangka mati itu dekat kepadamu bahkan engkau mengira engkau
mungkin hidup lima puluh tahun lagi, Kemudian engkau menyuruh dirimu
berbuat taat, sudah pasti dirimu tidak akan patuh kepadamu dan pasti ia
akan menolak dan merasa berat untuk mengerjakan ketaatan.

Nasehat ini terutama untuk diri saya sendiri, dan saudara-saudaraku
seiman pada umumnya.

Orang Cerdas Adalah Orang Yang Mengingat Akan Kematian,

Read More......

Senin, 08 September 2008

Hari Aksara di Indonesia

Gaung Hari Aksara masih rame nih sampe hari ini ... btw di Indonesia realisasinya gimana ya ... semoga bukan jargon semata seperti masa yang sudah-sudah lalu.

Apalagi Bangsa Indonesia yang mayoritas muslim harusnya kesadaran "aksara" yang sudah jelas dan tegas diPerintahkan Alloh SWT dalam Al Quran "IQRO", seyogyanya menjadi kepedulian semua komponen masyarakat. Dengan melek aksara - diharapkan masyarakat menjadi melek ilmu & agama - terwujud masyarakat melek ekonomi yang adil - dan akhirnya kesejahteraan yang merata tercapai.
Tapi setidaknya di tahun 2009 nanti kita boleh berharap "semoga 20 % dana APBN" yang katanya untuk dunia pendidikan dapat "nyata" diwujudkan, tidak masuk kantong para oknum yang katanya "melek aksara" tapi tidak "melek nurani" alias "melek uang".

Berbagai masalah yang terjadi pada bangsa ini antara lain tidak meratanya kesejahteraan masyarakat (disatu sisi dibangun mercusuar disisi lain masih banyak rakyat yang kelaparan), kriminalitas yang merajalela sangat ironis dengan bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi agama dan budaya ketimuran dan yang lebih tragis lagi adalah dekadensi moral para pejabat (sebut saja koruptor dari kalangan penegak hukum/kejaksaan) yang notabene mereka "melek aksara", seolah-olah seperti benang kusut yang tidak tahu kapan selesai meluruskannya.

Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini mari kita berdoa bersama untuk bangsa kita "Semoga suatu saat akan hadir Pemerintah yang Jujur dan kongkrit komitmen pada programnya terutama program dunia pendidikan untuk menyukseskan melek aksara yang dibantu oleh pelaksana pendidikan dilapangan yang jujur juga (buku dari pemerintah yang gratis juga gratis diberikan kepada siswa, beasiswa anak berprestasi diberikan sepenuhnya tidak dipotong biaya sana-sini dll), maka setahap demi setahap dengan bangsa yang melek aksara yang dibarengin dengan melek agama tentunya, semua permasalahan bangsa juga setahap demi setahap akan mengalami titik terang.
Dan tak lupa "start from ourselves for increase knowledge (religion, science, technologi, information, etc) for better our life since now and forever".

Read More......

Hari AKSARA sedunia

Hari ini 8 September 2008 adalah peringatan ke-43 hari AKSARA sedunia. Tentunya diperingati hari aksara ini dengan tujuan agar umat manusia sedunia "melek aksara" alias melek baca dan tulis dan akhirnya melek ilmu.

Dalam agama Islam perintah "melek aksara" ini sudah ada sejak berabad-abad tahun yang lalu sejak pertama kali Al Quran diwahyukan Alloh kepada Rasululloh Muhammad SAW yaitu Al Quran, 96:1-5 = "Bacalah dengan (menyebut) Nama Tuhan-mu yang Menciptakan. Dia telah menciptakan manusia dari segumpal darah. Bacalah, dan Tuhan-mulah yang Maha Pemurah. Yang Mengajar (manusia) dengan perantaraan kalam. Dia Mengajarkan kepada manusia apa yang tidak diketahuinya."

Al Qur'an adalah kalam Allah Yang Maha Kuasa, Pencipta segala sesuatu dari ketiadaan. Dialah Tuhan yang ilmu-Nya meliputi segala sesuatu. Dalam sebuah ayat, Allah menyatakan dalam Al Qur'an "Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an ? Kalau kiranya Al Qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentulah mereka mendapat pertentangan yang banyak di dalamnya." (Al Qur'an, 4:82) Tidak hanya kitab ini bebas dari segala pertentangan, akan tetapi setiap penggal informasi yang dikandung Al Qur'an semakin mengungkapkan keajaiban kitab suci ini hari demi hari.

Al Qur'an adalah firman Allah yang di dalamnya terkandung banyak sekali sisi keajaiban. Yang membuktikan fakta ini salah satunya adalah fakta bahwa sejumlah kebenaran ilmiah yang hanya mampu kita ungkap dengan teknologi abad ke-20 ternyata telah dinyatakan Al Qur'an sekitar 1400 tahun lalu. Tetapi, Al Qur'an tentu saja bukanlah kitab ilmu pengetahuan. Namun, dalam sejumlah ayatnya terdapat banyak fakta ilmiah yang dinyatakan secara sangat akurat dan benar yang baru dapat ditemukan dengan teknologi abad ke-20. Fakta-fakta ini belum dapat diketahui di masa Al Qur'an diwahyukan, dan ini semakin membuktikan bahwa Al Qur'an adalah firman Allah.

selanjutnya dapat dibaca di http://www.keajaibanalquran.com atau www.harunyahya.com

Read More......

Kamis, 04 September 2008

Nikmat manakah yang kamu dustakan..episode pagi

ku buka mataku dengan malas
ku tarik nafas dalam-dalam sambil menggeliat
dan ku terbangun dari mati suriku semalam
subhanalloh alhamdulillah allohuakbar laailahaillalloh
aku masih hidup dengan nafas segar

aku bangkit dari ranjangku
kutapakkan kaki di lantai dan ku melangkah
subhanalloh alhamdulillah allohuakbar laailahaillalloh
aku masih sehat walafiat

ku beranjak mengambil air wudhu duh segarnya
ku kenakan mukena dan ku bersimpuh dihadapan-Mu
subhanalloh alhamdulillah allohuakbar laailahaillalloh
Engkau masih beri daku kesempatan tuk memohon dan bertobat pada-Mu

kubaca Firman-Mu dan kucoba sebisaku untuk khusyuk
kubaca terjemahnya dalam bahasaku
ku berharap dapat memahaminya untuk hidupku
subhanalloh alhamdulillah allohuakbar laailahaillalloh
Engkau masih beri daku petunjuk-Mu

ku menuju jendela dan membukanya
puncak gunung merbabu menyambutku dengan ramah seperti biasanya
semburat mentari mulai menyelinap masuk bertamu ke kamarku
dan kutarik nafas dalam-dalam lagi menikmati segarnya udara pagi
subhanalloh alhamdulillah allohuakbar laailahaillalloh
ku masih menikmati indahnya pagi ini (n_n)

Read More......

Rabu, 03 September 2008

apa sesungguhnya CINTA ?


Hari ini saat zie ngobrol sama seorang sahabat nun jauh di seberang sana tiba-tiba kita membahas tentang cinta. Zie jadi inget tentang definisi cinta yang dijelaskan oleh Bapak Habiburrahman El Sirazy. Tentu teman-teman ga asing kan dengan nama ini novelis yang karyanya difilmkan yaitu "ayat-ayat cinta & ketika cinta bertasbih". Beliau mengatakan "cinta dalam Islam adalah mulia jika cinta itu diawali dengan NIAT SUCI, CARA SUCI dan TUJUAN SUCI sehingga bersatunya dua insan yang saling mencintai akan semakin meningkatkan cintanya kepada ILAHI dan akan melahirkan generasi-generasi yang suci juga (red = baca GENERASI ROBBANI)." Hal ini beliau sampaikan di acara TVRI "untukmu Ibunda Indonesia" yang rutin setiap Jumat jam 12.00-13.00 yang membahas tentang pendidikan pranikah dan parenting. Saya selalu mengikuti acara ini, menurut saya ini snngat bagus dan penting untuk Ibu-Ibu or calon Ibu bahkan Bapak-bapak or calon Bapak, secara pendidikan pranikah & parenting di Indonesia belum ada lembaga khusus yang menanganinya.

Karena itu rasa-rasanya sangat tidak tepat kalau generasi muda Islam merasa terkekang dengan peraturan Islam yang melarang pacaran. Cinta adalah hal yang fitrah yang tidak mungkin dihindari oleh keturunan Adam & Hawa. Dan Islam pun memberi solusinya yaitu:
-NIAT SUCI (karena Alloh bukan karena nafsu, yang teraplikasi dengan memilih orang untuk dicintai karena agamanya, walau boleh juga ditambah karena cantik, harta dan keturunannya seperti dalam hadist Rasululloh).
-CARA SUCI (tidak mengikuti gaya kaum jahiliyah tetapi dengan adab Islami - tidak berkholwat dengan lawan jenis - bisa dilihat di Film ketika cinta bertasbih & bagaimana Fahri dengan Aisyah di ayat-ayat cinta).
-TUJUAN SUCI, pastinya untuk membina keluarga sakinah mawahdah warohmah yang menjadi MADRASAH akhlak Islami, ketakwaan kepada Alloh SWT, dan mengerjakan Sunnah Rasululloh SAW sehingga terwujug GENERASI ROBBANI. Sehingga tidak sebatas ucapan selamat untuk pengantin baru saja.
wallohua'lam bishowab

Read More......

Selasa, 02 September 2008

Blogger ngilangin stress, nambah temen & ilmu PASTINYA

Sejak 4 tahun lalu aku mulai disibukkan dengan dunia kerja praktis waktuku habis dikantor dan mess, hampir-hampir waktu untuk bertemu teman diluar lingkup pekerjaan adalah sempit sekali bahkan ga ada karena kalau ada libur pasti aku gunakan seefisien mungkin untuk relaks. Bukan aku sok sibuk sih tapi boleh dibilang aku termasuk pekerja keras (kata temen-temen sekantorku lho he he he), tapi jujur saja sebenarnya cita-citaku dari dahulu ga pengen bekerja seperti ini pengennya bekerja part time trus konsentrasinya di rumah jd housewife gitu tapi "piye meneh"rizkinya sementara ini dikerjaan belum dijodoh jadi ya enjoy aja lagi. Yah karena rutinitas itu berjalan terus kejenuhan pasti sering menghampiriku.

Nah suatu hari ada temenku yang kasih tips aku untuk menghilangkan kejenuhan tanpa harus beranjak dari kerjaanku. Dia mengajariku untuk berkelana di dunia maya lebih dari sekedar yang aku lakukan (input data diprogram online, email dan chat untuk berhubungan dengan unit lain supaya efisien gitu mengurangi pay phone karena sudah disediakan net ol 24 jam).

Dan sejak itu aku jadi keranjingan dan akhirnya kecanduan malah, tapi tentunya aku kerjakan diluar jam kerja dong. Ditambah lagi sejak aku diajari berblogger ria udah deh makin asyik aja hari-hariku dan pastinya banyak sekali manfaat yang aku dapetin selain sekedar ngilangin stress:

- Nambah temen pastinya, yang ini makin memperluas pergaulanku jadi sempitnya waktu bukan alasan untuk tidak gaul gitu. Dan uniknya lagi dari blogger ini aku serasa keliling Indonesia bahkan dunia karena aku bisa dapetin temen-temen dari semua penjuru.

- Nambah ilmu pastinya, kuakui para blogger adalah manusia yang unik karena penuh dengan nilai seni dan sastra, cerdas, peka dan open mind sehingga asyik untuk buat sharing gitu.

Read More......

-

...