Sabtu, 20 September 2008

LAILATUL QODAR

saat searching di paman google kemaren eh zie nemu artikel bagus dr blog http://dennyhendrata.wordpress.com tentang "Panduan Menggapai Lailatul Qodar". wah zie seneng banget, zie pikir ini harus dibagi ke temen-temen karena Lailatul Qodar pasti dah familiar di umat Islam tapi bagaimana menggapainya kan masih banyak yang belum tahu (apa jangan-jangan zie aja kali ya yg ga tahu hehehe). Zie ijin sama penulisnya untuk zie publikasi di blog zie juga alhamdulillah hari zie dapat balasan email diijinkan untuk diposting karena ini suatu kebaikan jadi harus disebar luaskan.

MuqadimahSesudah disyariatkannya ibadah shaum, dan agar umat Islam dapat merealisasikan nilai taqwa, Allah SWT melengkapi nikmat-Nya dengan memberikan adanya “Lailat al qodr”. Allah berfirman : ” Sesungguhnya Kami telah menurunkan Al-Qur’an pada ” Lailat al qodr”. Tahukah kalian apakah ” Lailat al qodr” ?. Itulah malam yang lebih utama dari pada seribu bulan” (QS. Al Qodr : 1-3)

Apa yang perlu dilakukan pada lailat al qodr dan agar dapat menggapai lailat al qodr

1.. Lebih bersungguh-sungguh dalam menjalankan semua bentuk ibadah pada hari-hari Ramadhan, menjauhkan diri dari semua hal yang dapat mengurangi keseriusan beribadah pada hari-hari itu. Dalam peribadatan ini juga dengan mengikutsertakan keluarga. Hal itulah yang dahulu dicontohkan Rasulullah SAW.

2.. Melakukan i’tikaf dengan berupaya sekuat tenaga. Itulah yang dilakukan oleh Rasulullah SAW.

3.. Melakukan qiyamu al lail berjama’ah, sampai dengan rekaat terakhir yang dilakukan imam, sebagaimana diriwayatkan oleh Abu Dzar ra.

4.. Memperbanyak do’a memohon ampunan dan keselamatan kepada Allah dengan lafal : “Allahumma innaka ‘afuwun tuhibul afwa fa’fu ‘anni”. Hal inilah yang diajarkan oleh Rasulullah SAW kepada Aisyah ra ketika beliau bertanya : ‘ wahai Rasulullah, bila aku ketahui kedatangan lailat al qodr, apa yang mesti aku ucapkan”? (HR. Ahmad, Ibnu Majah dan Tirmidzi)

Menggapai ” Lailat al qodr” bagi Muslimah

Sebagaimana tersirat dari dialog Rasulullah SAW dengan Aisyah, istri beliau itu, maka mudah disimpulkan bahwa kaum muslimah-pun disyari’atkan dan diperbolehkan menggapai lailat al qodr . Dengan melakukan maksimalisasi ibadah yang memang diperbolehkan untuk dilakukan seorang muslimah. VIII. Khotimah Demikian panduan ringkas ini, mudah-mudahan pada bulan Ramadhan tahun ini Allah memperkenankan kita meraih ” Lailat al qodr”, malam yang utama dari 1000 bulan alias 83 tahun itu.

The Indonesian Muslim Student Association of North America

4311 Minnesota Avenue, St. Louis, MO 63111, U.S.A.

Phone: (314) 752-9616

http://www.imsa.nu

Ditulis dalam Dakwah

6 komentar:

mama kayla mengatakan...

Alow..tante..postingannya bagus juga jadi mengingatkan daku..yg penuh dengan segala dosa.
Semoga di bulan yg Magfiroh ini kita bisa mencapai Lailatul Qodarnya
Aminnn

purwa mengatakan...

wow.... postingannya bagus bangeet Mbak... Makasih dah berbagi Ilmu.


purwagilardhie
http://jendelahati.net

M. Awaludin mengatakan...

Pemaksaan pada diri sendiri mungkin salah satu cara untuk menggapai malam seribu bulan. Memaksa tuk qiyamul lail, tadarus, i'tikaf. Karena begitu banyak godaan untuk melalui begitu saja kesempatan emas ini..riyadoh..dan riyadoh terus..

budhe Fakhrun mengatakan...

Alhamdulillah...makasih Mba' Zhie...
postingannya bagus banget smoga kita sama sama bisa menggapai Lailatul Qadar makanya jangan ngenet terus ya...hehe... mari berusaha semampu kita...

Batur SASAK mengatakan...

an sayaq dapat lailatul kodar

Bunda Rierie mengatakan...

semoga bunda salah satu yang mendapatkan malam itu ya zie..aminnnn

-

...