Jumat, 24 Oktober 2008

Sumpah Pemuda - LIFE MINDSET vs HEDONISME

28 Oktober 2008 ini mengingatkan kita pada 28 Oktober 1928 silam saat diikrarkan SUMPAH PEMUDA sebagai deklarasi heroik jiwa patriotisme pemuda saat itu. Apakah ikrar itu hanya kita ingat sebagai sebuah jargon/janji verbal belaka? Hanya kita yang bisa menjawabnya. Tentunya ini tidak bisa kita jawab hanya dengan jawaban "sudah/belum/iya/tidak" tetapi terjawabkan dengan realisasi kehidupan kita dalam wujud usaha optimal mengaktualisasikan seluruh potensi diri untuk berbuat kebaikan.

Ada materi yang menarik yang mungkin bisa menuntun kita untuk mengintrospeksi diri sudah sejauh manakah kita mengaktualisasikan diri kita dalam kebaikan. Di sadur dari materi Life Mindset - tema yang menarik dibahas pada Jumat, 24 Okt 08 di Hikmah Pagi TVRI yang rutin disiarkan setiap jam 5.00 - 6.00 pagi.

Sampai detik ini negara kita masih disibukkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan yang "itu-itu" saja sebut saja kemiskinan, busung lapar, tidak meratanya kesejahteraan masyarakat (yang miskin tetap miskin bahkan mungkin makin miskin, yang kaya makin kaya - begitu kesannya), tingkat pendidikan yang masih rendah, kejahatan dan tindakan asusila yang masih merajalela dan ditambah lagi masalah yang terjadi dikalangan "orang melek pendidikan" tapi "tidak melek agama dan moral" sebut saja tindakan asusila dikalangan pejabat dan koruptor. Sebenarnya apa yang terjadi dengan bangsa kita ini?, bangsa yang sangat menjunjung tinggi agama, moral dan budaya ketimuran yang dikenal dengan sopan dan santunnya.

Tentu masih segar dalam ingatan kita disetiap ajang pemilihan pemimpin dan aparat negara, daerah bahkan RT selalu dielu-elukan janji-janji untuk bisa menyelesaikan semua permasalahan masyarakat. Jargon-jargon/Janji-janji verbal memang mudah diucapkan oleh siapa saja dan mudah dipasang dalam iklan dan poster dimana saja, tetapi konsekuensi dari janji apakah mudah ditunaikan ???.

Seharusnya setiap kita yang muslim, apalagi calon pemimpin seyogyanya " IMAN -> ISLAM -> AKHLAKUL KARIMAH " sebagai "Life Mindset" / konsep hidupnya.
"akhlakul karimah" yang seyogyanya kita miliki yaitu:
1. Jujur
2. Amanah / dapat dipercaya
3. Kesederhanaan/Bersahaja dalam dimensi luas (berkata, bertindak dan utamanya dalam pemenuhan kebutuhan)
4. Keteladanan / Uswatun Hasanah

Tetapi yang terjadi ternyata sebaliknya. Life Mindsetnya masih mengejar "posisi/symbol/jabatan/status/kekuasaan". Kekuasaan dicari untuk mengejar popularitas, kekayaan dan sisi-sisi duniawi lainnya. Walau masih banyak juga yang baik (semoga).

Ternyata barier/penghalang seseorang untuk mencapai akhlakul karimah adalah "HEDONISME" yaitu gaya hidup yang didominasi syahwati/hawa nafsu. Saat seseorang ingin meraih kekuasaan demi mempertajam wewenangnya untuk sewenang-wenang, demi memperbanyak tabungan despositonya, demi memperbanyak item benda kekayaannya (sebut saja tanah, rumah, mobil dan rentetan benda mewah lainnya), yang akhirnya keinginan agar "terdongkrak prestisenya" ke jenjang yang paling tinggi sehingga menjadi kebal hukum dan bahkan norma. MasyaAllah kalau itu menjadi tujuan.

Sebenarnya hanya pertanyaan sederhana untuk kita "Apakah itu semua mampu mendongkrak ampunan Allah SWT untuk kita ketika ajal menjemput ..???"

Read More......

Kamis, 23 Oktober 2008

Anugerah Terindah Dunia

18 Okt 08 at 6:38 am

Muslimah itu anugerah terindah dunia
Ia lembut namun tidak lemah
Mempesona namun tetap bersahaja
Ia tahu bagaimana menjaga izzah dirinya
Ia mengerti bagaimana menjaga akhlak dan kemuliaannya
Itulah yang membuatnya istimewa dibandingkan wanita lainnya
Ilmunya telah mengangkatnya menjadi permata terindah di dunia
Semoga itu adalah aku - kamu - dan kita semua

22 Okt 08 at 8:24 am

Adalah cinta ...
yang menggerakkan lisan tuk sebut namamu dalam doa rabithahku

Adalah kenangan ...
yang menjejak penuh kisah dalam relung hatiku

Adalah rindu ...
yang pendarkan bulir-bulir kristal di mataku

Adalah asa ...
yang membuat diri ini tegak melangkah

Wahai jiwa-jiwa yang merindu ...
akankah bertemu di pintu Ar Rayyan?

kedua hal diatas adalah sms dari saudariku "ukhti" nun jauh disana dekat dihati ...
jazakillah khoiron katsiron
terima kasih telah diingatkan akan hakikat diri muslimah dan cinta
mohon doanya ya ukhti semoga langkahku untuk mengumpulkan serpih-serpih hati yang telah berserakan kembali padu dan dimudahkan Allah SWT
sehingga aku kembali ke dalam Petunjuk-Nya dan Istiqomah di Jalan-Nya

subhanalloh pagi ini zie juga menerima komen yang melengkapi anugerah terindah seorang wanita dari mbaku sayang "Hellen":

Wanita dgn kecantikan yang dimiliki lebih anggun daripada mentari

Dengan akhlaq yang dimiliki lebih harum daripada kesturi, dengan kerendahdir├Čan yang dimiliki lebih tinggi daripada rembulan

Dengan sifat keibuan yg dimiliki lebih menyegarkan daripada hujan

Oleh karena itu wahai wanita peliharalah kecantikan itu dengan iman, peliharalah keridhaan itu dengan sikap qana'ah dan peliharalah kesucian diri itu dengan hijab

Ketahuilah, bahwa perhiasan diri bukan terletak pada emas dan perak yang dikenakan melainkan pada dua raka'at dipenghujung malam, kehausan di tengah hari yang terik sebab puasa karena Allah, shadaqah yang tersembunyi tanpa ada yg mengetahuinya selain Allah, air mata hangat yg membersihkan dosa, sujud yang lama di atas hamparan sajadah, dan rasa malu kepada Allah saat dorongan kejahatan dan rayuan setan datang menggoda.

Aku juga rindu saat kita bersama mengarungi indahnya cinta karena Allah SWT yang kita bina dalam Ukhuwah Islamiyah di kampus dulu ... i miss u so much ukhti saudaraku

Read More......

Selasa, 21 Oktober 2008

PR dari Budhe "what means my name"

bismillahirrahmaanirrahiim, akhirnya zie bisa ngerjain PR dari budhe deh...
walaupun zie rada blepotin memahaminya maklum indonesian dan javanese tulen jadi ya rada ga mudeng boso bule hehehe tapi semoga budhe memaklumi ya ...
ini jawabannya...


What Sumbersirepsusilowati Means
You are the total package - suave, sexy, smart, and strong.
You have the whole world under your spell, and you can influence almost everyone you know.
You don't always resist your urges to crush the weak. Just remember, they don't have as much going for them as you do.

You are a very lucky person. Things just always seem to go your way.
And because you're so lucky, you don't really have a lot of worries. You just hope for the best in life.
You're sometimes a little guilty of being greedy. Spread your luck around a little to people who need it.

You are confident, self assured, and capable. You are not easily intimidated.
You master any and all skills easily. You don't have to work hard for what you want.
You make your life out to be exactly how you want it. And you'll knock down anyone who gets in your way!

You are full of energy. You are spirited and boisterous.
You are bold and daring. You are willing to do some pretty outrageous things.
Your high energy sometimes gets you in trouble. You can have a pretty bad temper at times.

You are friendly, charming, and warm. You get along with almost everyone.
You work hard not to rock the boat. Your easy going attitude brings people together.
At times, you can be a little flaky and irresponsible. But for the important things, you pull it together.

You are wild, crazy, and a huge rebel. You're always up to something.
You have a ton of energy, and most people can't handle you. You're very intense.
You definitely are a handful, and you're likely to get in trouble. But your kind of trouble is a lot of fun.

You tend to be pretty tightly wound. It's easy to get you excited... which can be a good or bad thing.
You have a lot of enthusiasm, but it fades rather quickly. You don't stick with any one thing for very long.
You have the drive to accomplish a lot in a short amount of time. Your biggest problem is making sure you finish the projects you start.

You are influential and persuasive. You tend to have a lot of power over people.
Generally, you use your powers for good. You excel at solving other people's problems.
Occasionally, you do get a little selfish and persuade people to do things that are only in your interest.

You are relaxed, chill, and very likely to go with the flow.
You are light hearted and accepting. You don't get worked up easily.
Well adjusted and incredibly happy, many people wonder what your secret to life is.

You are well rounded, with a complete perspective on life.
You are solid and dependable. You are loyal, and people can count on you.
At times, you can be a bit too serious. You tend to put too much pressure on yourself.

You are very charming... dangerously so. You have the potential to break a lot of hearts.
You know how what you want, how to get it, and that you will get it.
You have the power to rule the world. Let's hope you're a benevolent dictator!

You are usually the best at everything ... you strive for perfection.
You are confident, authoritative, and aggressive.
You have the classic “Type A” personality.

You are a seeker. You often find yourself restless - and you have a lot of questions about life.
You tend to travel often, to fairly random locations. You're most comfortable when you're far away from home.
You are quite passionate and easily tempted. Your impulses sometimes get you into trouble.


waktu mau posting zie juga sempet bingung tapi alhamdulillah akhirnya bisa juga, caranya tinggal klik "what's your name's hidden meaning" di atas kemudian nanti klik HTML nah disitu didapatin yang harus kita posting...

PR ini zie lanjutkan untuk :
1. mba Hellen sayang
2. Bunda Rierie
3. bang Yaqon
4. Mas Yahya
5. Bunda Krucil
6. dilanjutkan ke sahabat lain ya

Read More......

Kamis, 16 Oktober 2008

untukmu Bunda

setiap Jumat jam 11.30 - 12.30 ada acara "untukmu Ibu Indonesia" di TVRI yang diasuh oleh Bunda Neno Warisman. hari ini bintang tamunya ibu Nuky Surachman (sy ga tahu siapa beliau karena nontonya telat), tapi ada yang menarik dari beberapa pesan beliau yang zie rasa sangat bermanfaat untuk "BUNDA" dan "CALON BUNDA", kurang lebih seperti ini ringkasannya:

1. banyaklah memberi jangan banyak ingin menerima dan banyaklah berbagi kepada sesama (untuk melatih jiwa sosial anak)

2. ibu seyogyanya punya waktu untuk sekedar mengarahkan anaknya dalam mengerjakan PR dan menyiapkan sarapan anak karena waktu bukan dilihat dari kuantitasnya tapi dari kualitasnya, ironis sekali sering kita lihat anak-anak sekolah berebut mencotek PR temennya sebelum jam masuk sekolah berbunyi. jadi salah siapa kalau setelah dewasa dia terbiasa menjadi penjiplak hasil karya orang lain (red-pecundang).

3. Berilah wawasan anak-anak tentang hal-hal diluar rumahnya (bagi wanita karir tidak ada salahnya anak-anak diberi informasi tentang pekerjaan ayah ibunya) dan bagi ibu-ibu rumah tangga jangan malas untuk belajar perkembangan IPTEK secara sekarang sudah mudah akses line internet, surat kabar dan buku. Internet jangan hanya asyik untuk chating dan bloging aja ya bun hehehe

4. ada satu lagi impian Ibu Nuky Surachman yang belum terwujud yaitu bagaimana mengadakan "pendidikan pre wedding & parenting" bagi remaja agar mereka tidak salah memaknai sebuah persiapa menuju pernikahan. Yang sekarang identik dengan pacaran bebas.

Ada tambahan dari narasumber yang lain =

"jika kita ingin anak-anak kita sholeh, cerdas dan berakhlak mulia maka mulailah ajak anak-anak untuk melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik.
contohnya = kalau kita ingin anak-anak kita seperti generasi jaman Rasululloh saw yang mencintai dan hafidz Al Quran maka ajarkan mereka setiap hari (minimal ba'da subuh dan ba'da magrib) untuk membaca Al Quran yang ini dimulai dari orang tua yang mencontohkan. Jangan Orang tua memberi perintah anak untuk mengaji tapi ayah bundanya asyik nonton TV ... HAYO...KETAHUAN DEH...

Kemudian ada LAGU "UNTUKMU BUNDA" ciptaan Bunda Neno Warisman (liriknya bisa dikreasikan sendiri ya secara ini diblog jadi ga bisa he3) :

TAK ADA IBU , TAK ADA IBU
YANG BODOH DI DUNIA INI
WALAUPUN IBU, WALAUPUN IBU, ADA YANG TIDAK BERSEKOLAH TINGGI

TAK ADA IBU, TAK ADA IBU
YANG TAK PUNYA HATI NURANI
WALAUPUN IBU, WALAUPUN IBU, ADA SISI GELAP YANG TERSEMBUNYI

TAK ADA IBU, TAK ADA IBU
YANG TAK MENGENAL TUHANNYA
WALAUPUN IBU, WALAUPUN IBU, DIA BELUM-BELUM TEGUH BERIMAN

TAK ADA IBU, TAK ADA IBU
YANG TAK KUAT DAN TEGUH
WALUPUN IBU, WALAUPUN IBU, SESEKALI PASTI DIA MENGELUH

SEMUA IBU ADALAH BINTANG
SEMUA IBU PATUT DISAYANG
SEMUA IBU PASTI MEMBERIKAN YANG TERBAIK TUK GENERASI MASA DEPAN

jika ada yang sudah tahu syair lagu ini dan ternyata kurang lengkap mohon dikoreksi ya. Kemaren pas selesai edit posting ini eh ada kunjungan dari mba vie kasih bingkisan cantik sebagai wujud ikatan persahabatan kita yang makin erat..makasih mbaku sayang.


Lagu dan award ini saya persembahkan untuk calon bunda, bunda, calon bapak dan bapak :
1. Budhe Fakhrun (kakaku sayang nun jauh dimata tapi dekat di hati)
2. Mama Kayla (kakaku sayang yang selalu setia mendengar curhatku)
3. Mba Hellen (kakaku sayang tempatku berbagi keluh kesah)
4. Bunda Rierie (bunda sumber inspirasi)
5. Bunda Fikri (mba Nunik pa kabar?)
6. Bunda Ibad (bunda lama tak sua nih)
7. mama shasa (yang pandai bikin kue dan masak)
8. Bunda Radith (bunda kemana ya..)
9. Mama Krucils (mama thanks ya sering mampir ke zie)
10.Bunda Nayla (bunda kemana ya...)
11. ukhti cici (yang zie ingin kenal lebih dekat lagi)
12. neng princa (yang sama-sama suka pink hehe)
13.dek Lina (adeku yang creatif)
14.dek seo (pa kabar litle princesnya?)
15. Mas Firhanusa (yg semangat ya tulis novelnya)
16. Bang Yaqon (kemana aja nih kok sepi skrg?)
17. Mas Budi (kemana aja nih kok sepi skrg?)
18. Dhie (postingan barunya yg menggugah hati mana lagi?)
19. dek Awan_click3rz & dek kholil
20. mas yahya & akhi iam
21. mas anang
22. Gus
23. debrian & kak Henson (skrg gmn kabarnya ya?)
24. max
25. illiaz
26. freax
27. akhi abdul aziz
28. mr. ozzy
29. mansezip
30. wawanwae
31. mas awan, mas andra ramadhan, dan sahabat blogger lainnya yang zie ga hafal namanya hehehe

Read More......

Selasa, 14 Oktober 2008

Indah Pada Waktunya

ku minta pada Alloh setangkai bunga segar
tetapi Alloh beri kaktus berduri
ku minta kupu-kupu indah
tetapi Alloh beri ulat berbulu
ku sedih dan kecewa

namun kemudian, kaktus itu berbunga, indah sekali
dan ulat itupun menjadi kupu-kupu yang cantik

itulah jalan Alloh indah pada waktunya
Alloh tidak memberi apa yang kita harapkan
tetapi Alloh memberi apa yang kita perlukan

kadang kita sedih, kecewa dan terluka
tapi jauh di atas segalanya
Alloh sedang merajut yang terbaik dalam kehidupan kita
coba pahamilah betapa Alloh begitu mencintai kita

(diambil dari sms dindaku tercinta "Tiar" 10:07am 27-Sept-08, dikirimkan kepadaku saat diriku gundah gulana terhadap sebuah pengharapan begitu juga dengan dindaku, makasih dindaku sayang)

Read More......

Jumat, 10 Oktober 2008

wake up blogger

subhanalloh barokalloh...zie yg lagi lesu ngeblog dan blogwalking dapat bingkisan banyak dari sahabat zie yang cute mba Hellen makasih ya mba...jadi semangat lagi deh. ini awardnya :

semoga award ini semakin mempererat persahabatan kita...award ini juga zie persembahkan untuk sahabat blogger lainnya semoga ngeblog bisa menjadi ajang silaturahim & persahabatan diantara kita.

kepada Budhe Fakhrun kakaku yang nun jauh disana tapi dekat dihati jazakillah khoiron katsiron ya...zie seneng banget dapat "PR Serba 4" ini walau ngerjainnya telat .. tapi semoga ga dikurangi ya nilainya hehehe. ini jawabannya:
# Empat Kerjaan
Dari sejak kuliah Alhamdulillah zie dah mulai merintis karir (cie cie) dari menjadi sukarelawan di LSM Insty yang bergerak dibidang pendidikan, lembaga kemahasiswaan kampus (DPM) walau ke-2nya ga digaji tapi bagi zie luar biasa banyak sekali pelajaran untuk masa depan zie. Kalau kerjaan yang digaji yah waktu zie kuliah Ko-As dokter hewan daripada nganggur disela-sela ujian ya udah aja zie terima tawaran jadi "Guru Biologi SMA 5 Bogor" untuk kelas 1 dan 2 semuanya 6 kelas,walau zie belom punya pengalaman mengajar sama sekali alhamdulillah zie dapat diterima siswa dengan baik bahkan pelajaran biologi yang menjemukan menjadi pelajaran yg mengasyikan bagi anak-anak karena zie improvisasi dengan praktikum di alam, study kasus dgn referensi dari internet dan presentasi, selain anak-anak menjadi mudah menerima ilmunya mereka juga mandiri. walau zie hanya honorer dgn gaji yg malah tekor tapi zie bersyukur siswa mendapatkan apa yang seharusnya mereka dapatkan, doa mereka lebih berarti untuk zie. kerjaan selanjutnya alhamdulillah setelah wisuda zie langsung diterima kerja yang jadi kerjaan zie sampai sekarang...semoga semua aktivitas zie berkah di sisi Alloh SWT..amin (4 kan ya pas hehehe)
# Empat Tempat Tinggal
Pertama zie tinggal di demak tempat kelahiran zie tapi setelah kelas 2 SD zie diajak merantau PaeMae ke Kebumen sampai SMA, setelah lulus SMA zie kuliah di Bogor nah lulus kuliah zie travelling deh ke Sukabumi, Subang, Pontianak dan sekarang alhamdulillah balik lagi ke demak (lebih dari 4 ya gpp deh moga budhe kasih bonus hehehe
# Empat Film yang sudah ditonton 100 kali
zie suka aja sih nonton film tapi zie bukan maniak film jadi ya belum ada deh yang ditonton 100x hehehe
# Empat Makanan Favorite
ngomong-ngomong soal makanan nyam nyam jadi laper hehehe..hampir semua jenis makanan (yg HALAL & TOYYIB lho tentunya) zie suka bahkan makanan yang pahit sekalipun zie jg ga masalah kalau memang berkhasiat utk kesehatan (pasalnya dari kecil zie sudah dibiasakan minum jamu buatan sndr sama Mae). Apalagi sayur dan buah-buahan hmmmm
# Empat situs Favorite
ya tentunya blog zie sendiri, kemudian blog temen-temen,www.harunyahya.com dan kalau ditanya sama temen bingung or zie butuh info ya udah minta bantuan paman google aja
#Empat Target Berikutnya.........nah untuk selanjutnya PR ini zie sampaikan untuk
1. Mama Kayla
2. Mba Hellen
3. Bunda Rie dan
4. Bang Yaqon
kalau misalnya sudah pernah dapat ya udah ga dijawab lagi ga pa pa
mohon dilanjut ke sahabat blogger lainnya juga ya
sekali lagi semoga silaturahmi kita banyak membawa manfaat

Read More......

Senin, 06 Oktober 2008

Jumpa lagi ...

alhamdulillah zie seneng banget bisa bener2 menikmati lebaran tahun ini, pasalnya semenjak kerja 4 tahun yang lalu selalu kebagian piket lebaran jaga kantor gantian sama pak boss dan temen2. waktu itu sih ga bisa ngelak karena pak boss melarang dengan alasan masih single kan lumayan klu dapat bonus katanya .. ya akhirnya terima juga deh jobnya walau lumayan seneng juga sih karena setiap piketnya lumayan vienya he3 bisa buat tambah THR lagian di kantor juga cuma nongkrong aj sama temen2 sambil ngenet.

liburan seminggu lebaran ini bener-bener luar biasa bagiku. zie bisa kumpul sama keluarga besar. yang lebih mengejutkan lagi zie sama saudara-saudara zie baik dari Pae or Mae sama-sama terkejut. mereka terkejut lihat zie yang sudah dewasa demikian pula zie terkejut lihat ponakan-ponakan zie yang sudah gedhe-gedhe menjadi gadis-gadis ABG yang cantik-cantik yang sudah menuju dewasa. maklum juga sih karena memang zie dulu bertemu sama adek-adek ponakan waktu masih baby. ya alhamdulillah bisa bener-bener merasakan sebuah keluarga, yang biasanya hanya kabar2i by sms & telp akhirnya bisa ketemu juga.

lebaran zie bener-bener konsentrasi sama keluarga besar aja, kalaupun jalan-jalan juga sama keluarga tapi juga ga jauh dari tempat tinggal paling ke kota sama mampir ke kantor nyambangin temen-temen yang di central office aja.

seminggu pun berlalu akhirnya panggilan kerja pun datang lagi...sebenernya masih enggan dan malas tapi piye meneh hehehe...mustinya zie bersyukur orang lain mah kerjanya jauh musti ngikutin arus balik yang berdesak-desakan lah dan lain-lain sedangkan zie alhamdulillah hanya perjalanan 3 jam. sesampainya di kantor langsung aja zie maaf2an sama temen2 yah walau informal krn acara khusus dr kantor ga ada tapi lumayan membuat zie mengharu biru hehehe (tapi ga cengeng lho).

setibanya diruangan kantorku dan duduk didepan komputer lalu kubuka email...tarammm...ada 52 email yang masuk....wuih pastinya tagihan job nih hehehe..eh bener juga sebagian tagihan job dan sebagian ucapan selamat lebaran...yah sedikit lega karena ga semua job tapi tetep aja setelah itu 2 harian lah zie kejar tayang yang monthly report lah yang weekly lah...yo wes workaholic lg deh...jdnya blogwalking & posting lom sempet hehehe...



eh ditengah kelesuanku untuk posting dan blogwalking aku dapet award penyemangat dari sahabatku nun jauh disana ... makasih bang yaqon untuk award ini ... aku lanjutkan sebagai salam semangat kepada sahabat blogger :

Mama Kayla, Budhe Fakhrun, Bunda Rie, Mama Shasa, Lina lotim untuk dilanjutkan ke sahabat blogger lainnya ya ... semangat ... semangat yukk berkarya lagi

Read More......

-

...