Senin, 08 September 2008

Hari Aksara di Indonesia

Gaung Hari Aksara masih rame nih sampe hari ini ... btw di Indonesia realisasinya gimana ya ... semoga bukan jargon semata seperti masa yang sudah-sudah lalu.

Apalagi Bangsa Indonesia yang mayoritas muslim harusnya kesadaran "aksara" yang sudah jelas dan tegas diPerintahkan Alloh SWT dalam Al Quran "IQRO", seyogyanya menjadi kepedulian semua komponen masyarakat. Dengan melek aksara - diharapkan masyarakat menjadi melek ilmu & agama - terwujud masyarakat melek ekonomi yang adil - dan akhirnya kesejahteraan yang merata tercapai.
Tapi setidaknya di tahun 2009 nanti kita boleh berharap "semoga 20 % dana APBN" yang katanya untuk dunia pendidikan dapat "nyata" diwujudkan, tidak masuk kantong para oknum yang katanya "melek aksara" tapi tidak "melek nurani" alias "melek uang".

Berbagai masalah yang terjadi pada bangsa ini antara lain tidak meratanya kesejahteraan masyarakat (disatu sisi dibangun mercusuar disisi lain masih banyak rakyat yang kelaparan), kriminalitas yang merajalela sangat ironis dengan bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi agama dan budaya ketimuran dan yang lebih tragis lagi adalah dekadensi moral para pejabat (sebut saja koruptor dari kalangan penegak hukum/kejaksaan) yang notabene mereka "melek aksara", seolah-olah seperti benang kusut yang tidak tahu kapan selesai meluruskannya.

Bulan Ramadhan yang penuh berkah ini mari kita berdoa bersama untuk bangsa kita "Semoga suatu saat akan hadir Pemerintah yang Jujur dan kongkrit komitmen pada programnya terutama program dunia pendidikan untuk menyukseskan melek aksara yang dibantu oleh pelaksana pendidikan dilapangan yang jujur juga (buku dari pemerintah yang gratis juga gratis diberikan kepada siswa, beasiswa anak berprestasi diberikan sepenuhnya tidak dipotong biaya sana-sini dll), maka setahap demi setahap dengan bangsa yang melek aksara yang dibarengin dengan melek agama tentunya, semua permasalahan bangsa juga setahap demi setahap akan mengalami titik terang.
Dan tak lupa "start from ourselves for increase knowledge (religion, science, technologi, information, etc) for better our life since now and forever".

Tidak ada komentar:

-

...