Rabu, 03 September 2008

apa sesungguhnya CINTA ?


Hari ini saat zie ngobrol sama seorang sahabat nun jauh di seberang sana tiba-tiba kita membahas tentang cinta. Zie jadi inget tentang definisi cinta yang dijelaskan oleh Bapak Habiburrahman El Sirazy. Tentu teman-teman ga asing kan dengan nama ini novelis yang karyanya difilmkan yaitu "ayat-ayat cinta & ketika cinta bertasbih". Beliau mengatakan "cinta dalam Islam adalah mulia jika cinta itu diawali dengan NIAT SUCI, CARA SUCI dan TUJUAN SUCI sehingga bersatunya dua insan yang saling mencintai akan semakin meningkatkan cintanya kepada ILAHI dan akan melahirkan generasi-generasi yang suci juga (red = baca GENERASI ROBBANI)." Hal ini beliau sampaikan di acara TVRI "untukmu Ibunda Indonesia" yang rutin setiap Jumat jam 12.00-13.00 yang membahas tentang pendidikan pranikah dan parenting. Saya selalu mengikuti acara ini, menurut saya ini snngat bagus dan penting untuk Ibu-Ibu or calon Ibu bahkan Bapak-bapak or calon Bapak, secara pendidikan pranikah & parenting di Indonesia belum ada lembaga khusus yang menanganinya.

Karena itu rasa-rasanya sangat tidak tepat kalau generasi muda Islam merasa terkekang dengan peraturan Islam yang melarang pacaran. Cinta adalah hal yang fitrah yang tidak mungkin dihindari oleh keturunan Adam & Hawa. Dan Islam pun memberi solusinya yaitu:
-NIAT SUCI (karena Alloh bukan karena nafsu, yang teraplikasi dengan memilih orang untuk dicintai karena agamanya, walau boleh juga ditambah karena cantik, harta dan keturunannya seperti dalam hadist Rasululloh).
-CARA SUCI (tidak mengikuti gaya kaum jahiliyah tetapi dengan adab Islami - tidak berkholwat dengan lawan jenis - bisa dilihat di Film ketika cinta bertasbih & bagaimana Fahri dengan Aisyah di ayat-ayat cinta).
-TUJUAN SUCI, pastinya untuk membina keluarga sakinah mawahdah warohmah yang menjadi MADRASAH akhlak Islami, ketakwaan kepada Alloh SWT, dan mengerjakan Sunnah Rasululloh SAW sehingga terwujug GENERASI ROBBANI. Sehingga tidak sebatas ucapan selamat untuk pengantin baru saja.
wallohua'lam bishowab

2 komentar:

Tony mengatakan...

itulah cinta *banyak artiannya* :D

Batur SASAK mengatakan...

wah...besok kita buat lembaga biro cinta..ada cerita anak kecil bertanya kepada kakaknya tentang cinta, "kak cinta itu apa? dijawab cinta itu indah, indah itu emas, emas itu warnanya kuning, kuning itu tai...heh..he....he..

-

...