Senin, 19 Januari 2009

Syarat - Syarat Keindahan


Oleh : KH Abdullah Gymnastiar

Saudaraku, Allah itu Maha Indah dan mencintai keindahan. Sedang kita mahluknya yang dhaif, sering memandang keindahan itu hanya sebatas topeng saja. Padahal keindahan yang hakiki tidak hanya berasal dari topeng, tapi dari dalam jiwa kita inner beauty).

Semoga Allah Yang Maha Indah mengaruniakan kita akhlak yang indah. Dengan Rahmat-Nya, Allah menanamkan pada hati hamba-hamba-Nya rasa suka akan keindahan. Kita semua senang dengan keindahan. Kita senang dengan alam yang indah. Kita senang melihat awan biru yang disulam burung-burung berterbangan. Orang pun berbondong-bondong pergi ke pantai yang indah, tak ada gelombang yang menakutkan. Selain itu, kita pun senang mendengar suara yang indah. Intinya, semua orang menyukai hal yang indah-indah. Itu adalah fitrah.

Pertanyaannya sekarang:


kenapa ada orang yang penampilannya indah tapi ia tidak disukai orang lain?
Kenapa ada orang yang memiliki rumah yang megah tapi hidupnya tidak bahagia ?
Kenapa ada orang yang suaranya indah, tapi akhirnya ia mengalami nestapa ? Sebaliknya, ada orang tua yang secara fisik tidak menarik, tapi dicintai banyak orang.
Ada orang yang tunanetra tapi suaranya dipuji banyak orang. Pasti ada apa-apanya dibalik fenomena tersebut.

Keindahan itu memiliki beberapa syarat:


Pertama, indah itu letaknya pada kebersihan. Bersih di sini bisa bersifat fisik ataupun bersifat nonfisik. Bersih secara fisik meliputi bersih anggota badan, penampilan, lingkungan, maupun bersih penghasilan. Saudaraku, bila kita ingin menjadi pribadi indah, maka cintailah hidup bersih. Secara fisik mulailah kita rawat tubuh kita agar selalu bersih. Rambut, gigi, mata, kuku, dan seluruh anggota badan lainnya, usahakanlah terjaga kebersihan dan kerapiannya. Begitu pula penampilan kita harus selalu dijaga kebersihannya. Seandainya kita tidak punya baju yang bagus, maka usahakanlah dijaga kebersihannya.

Usahakan pula rumah kita selalu bersih, baik itu bersih dari sampah dan debu, juga bersih dari barang-barang haram maupun barang yang tidak perlu, itu secara fisik. Tidak kalah penting adalah bersih akhlak kita, karena secantik dan setampan apapun seseorang, bila kelakuan dan ucapannya kotor, maka ia tidak akan punya harga, jatuh harga dirinya. Begitu pula dengan pikiran, hindarilah berpikir kotor, mesum, atau berpikir jelek tentang orang lain. Berpikirlah selalu tentang kebaikan orang lain, karena semakin kita memikirkan kejelekan orang, maka akan semakin tersiksa diri kita. Tentunya, semua kebersihan ini tidak terasa lengkap tanpa disertai oleh bersihnya hati. Bila hati kita bersih,

maka wajah kita akan terlihat cerah, perilaku santun, kata-kata terjaga, dan sikap kasih sayang akan terpancar dari pribadi kita. Bila kita mampu membersihkan jasmani dan rohani, insya Allah akan menjadi pribadi yang indah dan disukai Allah dan orang lain. Boleh jadi paras kita tidak begitu menarik, tapi pribadi kita menawan semua orang.

Syarat keindahan ke dua adalah keserasian. Apapun yang tidak serasi akan jauh dari keindahan. Keserasian, intinya kita harus proporsional dan tepat dalam bertindak, berbicara, berpenampilan. Dalam keserasian ini, termasuk pula cara hidup yang tidak melebihi kemampuan dan kenyataan. Hidup yang proporsional. Caranya, kita harus mengendalikan keinginan, jika ingin membeli suatu barang. Ingat, yang paling penting adalah bertanya pada diri apa yang paling bermanfaat dari barang yang kita beli. Buatlah skala prioritas. Misalnya, haruskah membeli sepatu seharga 1 juta rupiah, padahal keperluan kita hanya berupa sepatu olahraga. Apalagi di hadapan tersedia aneka pilihan harga, mulai dari yang 700 ribu, 400 ribu, 200 ribu, sampai yang 50 ribu rupiah. Mereknya pun beragam, tinggal dipilih mana kira-kira yang paling sesuai. Nah, jika kita ada dalam posisi seperti ini, maka carilah sepatu yang paling tidak membuat kita sombong ketika memakainya, yang paling tidak menyiksa diri dalam merawatnya, dan yang paling bisa bermanfaat sesuai tujuan utama dari pembelian sepatu tersebut. Hati-hatilah, sebab yang biasa kita beli adalah mereknya, bukan awetnya, karena kalau terlalu awet pun akan bosan pula memakainya.

Syarat keindahan ke tiga adalah perawatan. Taman bagus tapi tidak dirawat, maka keindahannya akan pudar. Gigi rapi tapi tidak terawat, maka akan mendatangkan banyak masalah. Motor baru dan mahal tapi jarang dirawat akan cepat rusak. Tubuh tidak dirawat dengan olahraga, maka akan cepat rapuh dan tidak kelihatan bugar. Perawatan itu adalah salah prasyarat paling esensial dalam keindahan. Iman kita pun harus sering dirawat, agar tidak cepat rusak. Dibanding yang lainnya, perawatan iman harus lebih intensif dilakukan, bahkan setiap waktu. Dengan dzikir, shalat, sedekah, shaum (puasa), membantu kaum dhuafa, ikut Majlis Taklim. /Wallahu a'lam bish-shawab./

54 komentar:

Senoaji mengatakan...

wahhh kalo keindahan menurut bang Kyai yang aku ini, bisa dimaknakan macam2 kikikikikiikikik... weleh weleh weleh....*kaburrrrr*

tabiek
senoaji

Erik mengatakan...

Makasih ya zie sharingnya, bagus sekali.

Zie, semiggu ke depan, kk istirahat ngeblog dulu, ternyata harus pake kacamata sekarang. Nunggu minggu depan baru selesai

Dhe mengatakan...

keindahan yah!!!

memang kadank keindahan tuh cuma dipandang dr luarnya ajah!!

tp mayoritas smuanya tu cuma topenk!

**dhe mau mandi n bersoh2 lah agar slalu indah**

hehe

bagus pras mengatakan...

keindahan raga dan jiwa harus selaras ya mbak....

mama hilda mengatakan...

Keindahan..
Wah kok dikasi syarat zie, kaya mau ujian aja.
Memang keindahan itu dalam artinya, karena keindahan itu merupakan hasil dari kolaborasi antara keserasian dan keseimbangan, sehingga menghasilkan keindahan. Maka dari itu kita mengenal ada istilah inner beauty, dimana keindahan terpancar dari aura dalam diri seseorang. Nice post zie...

ATCA mengatakan...

memang indah harus indah luar dalam ..biar yang lihat dan dekat enak he..he..
Btw setuju mba...nice post

Kristina Dian Safitry mengatakan...

moga persahabtan gadis rantau ma mbak isa serasi,biar terlihat indah. amin.

lintang mengatakan...

aku lagi terus belajar memperindah hati dengan tafakur pada Allah SWT mudah-mudahan di ridhoi ya.

lintang mengatakan...

aku lagi terus belajar memperindah hati dengan tafakur pada Allah SWT mudah-mudahan di ridhoi ya.

Lyla mengatakan...

indah tidak hanya di mata saja tp hatinya juga indah...dalam arti inner beauty

novita mengatakan...

"Subhanallow..postingannya bagus untuk mengintropeksi diri kita nih..
Memang Indah bukan hanya fisik semata..ada hal yg lebih mulia dari itu"Mudah2an aku bisa belajar dari ini
Makasih ya sayang..muahhh

BundAditya mengatakan...

Ternyata untuk tampil indah ada syarat2nya ya mbak. Good posting mbak.....

phiena-venus mengatakan...

Yang paling susah disini adalah menjaga kebersihan hati dan pikiran, ya nggak?? Smoga kita selalu bisa menjaga hati dan pikiran kita dari segala yang kotor, iri, dengki dllnya lah..

pingin ngeblog mengatakan...

Keindahan mestinya berasal dari dalam ..keindahan hakiki, keindahan yg hanya di luar ... hanyalah topeng. Luar-dalam indah ... keindahan sejati...

nita mengatakan...

wah zie, ini sama dg blog. ada blog yg keren tapi gak disukai orang. ada juga blog yg isinya sederhana (malah kadang gak jelas) tapi disenangi orang. mungkin si empunya blog itu punya hati bersih dan ramah

Seno 008 mengatakan...

Sangat setuju. Udah lengkap banget. Nambahin dikit, indah adalah berpikir positif seperti postingannya Mba Phiena Venus.

nirmana mengatakan...

proposional itu yang kadang susah dimilki. susah di dapatkan.
tapi indah itu universal kok sifatnya, apa yg menurut aku tidak indah, umumnya juga tidak indah juga buat yg lain

"budhe Fakhrun Musriati" mengatakan...

Se7 Mba' Zie... postingannya indah dan menyentuh sekali bahwa Allah maha indah dan menyukai keindahan maka menjadikan hidup kita indah lahir batin merupaklan hal utama yang harus kita usahakan.

Jika kita bertemu atau berinteraksi dengan orang yang kliatan sempurna maka setelah tau 100 persen kita bakal kecewa karena sebenernya mereka bertopeng. tak ada manusia yg hanya punya kelebihan tanpa kelemahan.
Namun ada kalanya kita mang mesti bertopeng misalnya mengekang dan menyembunyikan emosi demi kemaslahatan sosial.

Kita mesti percaya diri dengan keindahan dan kelebihan kita walaupun menurut orang biasa aja he.. Maaf ni Mba'Zie.. akur aja kant..

iam mengatakan...

Allah itu indah dan menyukai keindahan..

Cece™ mengatakan...

Indah Jiwa dan Raga.. keindahan yang tak ternilaikan.
Luar biasa.
Good posting mbak zie

salam :)

else mengatakan...

SETUJUUUUUUUUU
keindahan itu sejatinya adalah keindahan yang terpancar dari hati yang bersih, tp jgn lupa luarnya jg harus dijaga agar ttp indah
karena Alloh suka keindahan

duniamaya98 mengatakan...

keren abis, moga1000x bisa masuk keindahan yang disyaratkan itu yach...

Jenny Oetomo mengatakan...

Setuju banget bahwa keindahan itu salah satu syaratnya adalah keserasian sbg contoh antara atasan dan bawahan, bahwa untuk memmakai baju dengan corak tertentu harus disesuaikan dengan corak bawahan yang kita pakai , Coba deh bayangkan kalau pakai atasan tanpa bawahan pasti ngak berani keluar alias malu, so janganlah sombong bila menjadi atasan , he he he

pingin ngeblog mengatakan...

Keindahan itu berawal dari dalam...
tetap nampak indah walo terbungkus lumpur....

Erik mengatakan...

Alangkah baiknya kalau keindahan itu luar dan dalamnya ya Zie, jadi memenuhi prinsip keseimbangan juga

devianty mengatakan...

iya kk zie moga aja persahabatan akanmemnumbuhkan seseuatu yang indah..

Lyla mengatakan...

iya... kalo gigi gak dirawat bisa mendatangkan byk penyakit mbak

MJ mengatakan...

selamat liburan ya mbak... semoga mbak Zie masih inget sama aku hehe... smoga tetap terjalin persahabatan dng indah :)

devianty mengatakan...

mampir lagi nih gmna...kbrnya...?

Witha mengatakan...

Iya mbak, setuju banget. Yang tidak berish n tidak indah, pasti disukai syetan

IFOEL mengatakan...

Met siang.. berknjung ngantar PR and Awards nih.. di terima ya..?? cek aja di sini

Nyante Aza Lae mengatakan...

bersih, serasi dan senantiasa terawat...
trims mbak, kan ku ingat, Insya Allah bs direalisasikan..

dede mengatakan...

kalo udah menyangkut nama aa gym, hm sejuk hati ini, makasih bu postinganya

namaku wendy mengatakan...

indah namanya tp belum tentu indah lahir dan batinnya yah mbak, mo belajar merawat diri lahir batin ah biar bisa terlihat indah terus hehehe
makasi yah mbak wat ilmunya:)

Lyla mengatakan...

mbak zie... aku mampir maap nih lagi males ngeblog :)

MJ mengatakan...

mbak.. gimana kabarnya?? masih sibuk ya... sama aku jg sibuk di dunia nyata hehe...

"Dan" pejuang budhe mengatakan...

Mba' Zie.. punya hati yang indah dan cantik smoga mendapatkan keindahan dan kemuliaan menurut pandangan Allah 'Aza Wajalla.. Amien..

Mba' Zie juga cantik pasti terawat serasi dan sedap dipandang..hmmm..jadi pengen banget kopdar nich..

mencobahidup mengatakan...

keindahan hakiki menciptakan kebahagiaan hakiki

Brigadista mengatakan...

semua keeee indahaaanan yang tampak oleh mata,... (senandung mode on...)

sungguh keindahan hakiki akan dibawa mati,..!!

Elva mengatakan...

keindahan seperti itu pasti takkan lekang dimakan waktu,..

Acex mengatakan...

Assalamu'alaikum. Maaf ya baru bisa muncul tapi ini pun gak se aktif yang dulu.

www.katobengke.com mengatakan...

makasih yah ats infonya......
aq salah satu penggemar A.Agym .......
knapa yah diskarang jarang muncul...
tapi terima kasih karena anda telah mengobati kerinduanku ama beliau..lewat postingan manis ini...
aq boleh prinkan....

www.katobengke.com mengatakan...

keindahan.....................
pasti seindah yang memposting

www.katobengke.com mengatakan...

keindahan.....................
pasti seindah yang memposting

www.katobengke.com mengatakan...

keindahan.....................
pasti seindah yang memposting

gus mengatakan...

loh, ada asitennya A'a Gym ya di salatiga...hehehehhe

ernut mengatakan...

good posting! love it! sip!

xitalho mengatakan...

keindahan abadi hanya milik Yang Maha Indah... semoga pancaran keindahan-Nya meresap ke jiwa-jiwa yg bersih...

~PakKaramu~ mengatakan...

Salam untuk orang sala tiga

Seno 004 mengatakan...

abis mudik ni mba zie. gimana kabar?

Lyla mengatakan...

maaf mbak balas komentar saya di komentar mbak Zie kalo di SB gak muat.... memang seminggu yang lalu mbak hellen sms saya kalo sedang sakit dan meminta maap kalo byk kesalahan. cuma itu aja dan gak ada kabar lagi. lalu saya tiba2 pengin sms setelah ngobrol sama Wendy... ternyata dpt kabar yang mengejutkan kalo mbak hellen masuk rumah sakit dan gak sadarkan diri... tp alhamdulillah skrg udah siuman udah bisa senyum namun blm bisa berbicara masih lemas...

mencobahidup mengatakan...

mbak saya pernah baca buku atau nonton video,lupa saya:"barangsiapa dicintai Allah maka penduduk langit dan bumi akan mencintainya begitu juga sebaliknya"

knowvie mengatakan...

Assallamualaikum mba zie2x..maap nih baru bisa mampir coz agi cibuk

Keindahan? wow I want it ^_^

apalagi keindahan indentik dengan dambaan setiap perempuan he2x baik secara fisik n hati...wah postingan yg bagus bgt TOP BGT..

awan_clickerz mengatakan...

Hmm.
Inspiratif,
goresan aa, tokoh yg selalu saya junjung tauladan nya..

Yup !

-

...