Rabu, 24 Desember 2008

Welcome "New Year" - Never Give Up


Di penghujung akhir tahun 1429 H dan 2008 M rasa-rasanya kondisi yang ada tidak mengenakan hati kita dengan adanya "Resesi Global" yang menimbulkan kepanikan dan syndrom PHK dimana-mana terutama bagi pekerja swasta kayak zie ini. Tetapi apapun itu selama Tuhan masih memberikan kita kehidupan maka tidak sepantasnya kita berputus asa pada Rahmat-Nya, semangat untuk melakukan segala sesuatunya menjadi lebih baik tetap harus tertanam dalan jiwa dan terealisasi dalam kiprah kreativitas kita dalam berkarya.

Katakanlah, "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari Rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dia-lah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (QS. Az Zumar/39 : 52)

"Introspeksi Diri" dan "Planning" adalah langkah tepat untuk mengevalusi segala sesuatunya yang telah terjadi dan untuk membuat langkah-langkah yang lebih baik untuk masa depan selama hayat masih di kandung badan.

Ibadah - sudah sejauh mana ketaatan beribadah terpatri dalam jiwa kita sehingga ibadah menjadi kebutuhan asupan ruhani kita selain asupan fikiran dengan ilmu dan asupan raga dengan makanan dan olah raga. Untuk mewujudkan "Balance Life" demi meraih kebahagiaan dunia dan akhirat, karena hidup dan mati kita atas Kuasa Ilahi semata.

"Sesungguhnya orang-orang Mukmin, orang-orang Yahudi, orang-orang Nasrani, dan orang-orang Shabi-in, siapa saja di antara mereka yang benar-benar beriman kepada Allah, hari kemudian dan beramal saleh, mereka akan menerima Pahala dari Tuhan mereka, tidak ada kekhawatiran terhadap mereka, dan tidak pula mereka bersedih hati. "(QS. Al Baqarah/2: 62)

Cinta - tentunya cinta disini dalam artian luas cinta sejati yang terlahir dan bersemi karena ketulusan yang kita berikan kepada orang-orang yang kita sayangi bukan karena sebuah alasan keduniaan semata tetapi benar-benar cinta tanpa pamrih yang menerima semua kelebihan dan kekurangan yang ada untuk bersama-sama meraih Cinta Ilahi semata. Seperti zie yang belum berkeluarga tentunya sejauh mana zie sudah mencintai dengan tulus orang tua, saudara dan sahabat, sedangkan yang sudah berkeluarga sudahkah cinta sejati terbina dan terpatri secara mantap dalam jiwa untuk suami/istri dan anak-anak. Jika cinta itu sudah mulai terkikis karena kesibukan dan kejenuhan dunia maka merefresh rasa-rasanya sangat diperlukan dengan mengenang perjuangan dalam suka duka bersama. Dan kemudian membuat "planning masa depan keluarga" bersama meliputi ketaatan beragama, ekonomi keluarga, pengembangan diri, berbagi dengan sesama dan lain-lain. (zie bukan dokter cinta dan juga bukan maksud menggurui, hanya berceloteh apa yang ada dihati ini)

Karya - masing-masing individu kita memiliki aneka karya baik yang berkiprah dalam instansi pemerintah (PNS), swasta, maupun wiraswasta, semuanya adalah karya yang berharga apapun itu kita lakukan dengan penuh tanggung jawab, dengan ilmu, disiplin, menambah relasi persahabatan, dengan antusiasme walau sering kejenuhan melanda, dan yang lebih penting bekerja dengan Ruh merasakan bahwa Tuhan senantiasa bersama kita. Dengan melakukan segala sesuatunya dengan hasil terbaik insyaAllah bagaimanapun kondisi kita nanti (yang hal ini sering tidak bisa kita prediksi) maka kita akan tetap bisa berkarya walau dalam kondisi terpuruk sekalipun dengan mengandalkan ilmu, relasi yang sudah kita bina selama kita bekerja dan kemudian berserah diri sepenuhnya kepada Tuhan.

"Dan berdoalah, "Ya Tuhan-ku, tempatkanlah aku pada tempat yang diberkati, dan Engkau adalah sebaik-baik Yang Memberi Tempat."(QS. Al Mu'minun/23:29)


21 komentar:

Erik mengatakan...

Terima kasih Ze atas sharingnya.
Semoga hari esok lebih baik buat kita

chubskulit mengatakan...

Hello there, I saw your blog at my husband's blog..

Im following you now too!

IFOEL mengatakan...

Semoga tahun depan bisa lenih baik lagi n tambah Sukses deh.. Amin2x..

AiWY mengatakan...

Never give up. Sikap itu lah yg harus d jaga. Belajar dan terus belajar dari pengalaman. Semoga esok lebih baik dr hari ini.

Btw, saya bukan mahasiswa IPB mbak, tp mhs universitas jambi. Selain itu nama saya agung, bukan AiWY. AiWY adl nama untuk saya bersaudara.

Acex mengatakan...

Tahun semakin bertambah tapi umur kita semakin berkurang.

aphied mengatakan...

never give up!
aphied setuju skali mba. . .

mg2 taun dpn lbh baek dr taun skrg.amin . .

Milla Widia N mengatakan...

mesti nambah ibadahnya nih,supaya terhindar dari kesulitan di tahun krisis global ini. moga2 krisis cepet berlalu ya

nita mengatakan...

selalu optimis dlm kondisi apa pun
happy new year, zee

Abdul Syakur mengatakan...

Tahun ini 2008 dan 1429 H, akan segera berganti dalam waktu yang berdekatan. Namun, ada yang ingin saya sampaikan, bahwa akhir dan awal tahun Gregorian biasanya ditandai dengan hura-hura dan bebunyian terompet. Sedangkan untuk akhir dan awal Hijriyah, ingatlah dimana Nabi dan rombongan harus berhijrah dari Makah ke Madinah, jadi lebih tepatnya kalau itu adalah masa prihatin. Semoga tahun depan kebaikan semakin meningkat. amin

Nyante Aza Lae mengatakan...

terus semangat dan optimis..
smg Allah SWT slalu melindungi kita smua mbak..Amin

Erik mengatakan...

Met tahun baru ya Zie, tetap optimis, siapkan mental, fisik dan hati untuk menyongsong hari esok.

pingin ngeblog mengatakan...

NEVER GIVE UP!!
walopun kesulitan-demi kesulitan terus menghantam Live Must Go On

gus mengatakan...

matur suwun, atas jeweran nasehatnya ya Mbak....hiks

Apipuzi mengatakan...

Tahun baru semangat baru!!!!!!!!!


Happy New Year....

iam mengatakan...

met tahun baru 1430 H..

semoga Allah mengampuni dosa kita tahun lalu..amiin..

M Miftahul Arifin HS mengatakan...

Semoga dengan rahmat dan kasih sayangNya kita selalu dalam lindungannya.. Hasibuu..Qabla an Tuhasabu.. Instropeksilah sahabatku..

didiet mengatakan...

oke pr siap dikerjain

didiet mengatakan...

SELAMAT TAHUN BARU YA MBAK

harry mengatakan...

selamat tahun baru yah mba

budhe mengatakan...

"Selamat Tahun Baru juga ya Mba' Zie, semoga Allah melengkapi buku amalan kita tahun lalu, dengan melebihkan pahala dan kebaikan2 did alamnya, sehingga kita dapat membuka lembaran buku kita yg baru dengan beribu harapan dan kebaikan serta amalan2 yang diridhoiNya. Tiada daya upaya kecuali yang dikehendaki dan berasal dariNya..amiinn yaa Rabbal alamin "

"Barangsiapa yang membereskan hubungan antara dirinya dengan Allah, niscaya Allah akan membereskan hubungan antara dia dan manusia semuanya. Barangsiapa yang membereskan urusan akheratnya, niscaya Allah akan membereskan baginya urusan dunianya. Barangsiapa yang selalu menjadi penasehat yang baik untuk dirinya sendiri, niscaya Allah akan menjaganya dari segala bencana"

Lyla mengatakan...

selamat tahun baru ya mbak semoga tambah sukses ya di tahun 2009 :)

-

...